Dipastikan Ahok Dapat Remisi Natal Walau Tak memenuhi Syarat


Bdg.News. Jakarta. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Narapidana (Napi) kasus penistaan agama dipastikan akan mendapatkan remisi natal selama 15 hari. Hal ini disampaikan oleh Kasubang Humas Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Ade Kusmanto, Jum’at (22/12), seperti dilansir portal-islam.id.
Menanggapi hal ini, Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia,  Mudzakir mengatakan pemberian remisi untuk Ahok perlu dipertanyakan landasan hukumnya. Alasannya, Ahok tidak ditempatkan di lembaga pemasyarakatan (Lapas), tetapi di Markas Komando Brigade Mobile (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok, seperti yang dilansir metro.tempo.co.

Berdasarkan Pasal 34 ayat 3b PP 99/2012, syarat bagi Napi untuk mendapatkan remisi, salah satunya adalah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dengan predikat baik. Adapun Ahok tidak menjalani masa tahanan di Lapas, selama ini ia menempati Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. “Pertanyaannya, Ahok itu sedang menjalani hukuman penjara atau belum? Karena secara prinsip seharusnya pelaksanaan hukuman itu di lembaga pemasayarakatan, bukan Mako Brimob,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak ada landasan hukum yang menyatakan Mako Brimob bisa menjadi tempat untuk menjalani hukuman pidana. Ia mengimbau aparat untuk memperlakukan Ahok seperti narapidana lain, yakni ditempatkan di lembaga permasyarakatan. Ia mengatakan jika alasannya adalah keselamatan, maka Ahok bisa dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan di derah lain.

Kejadian ini banyak disoroti oleh Warganet di media sosial Twitter. @ronavioleta menilai Ahok telah melakukan dua pelanggaran, pelanggaran pertama, Ia tidak menempati Lapas untuk melakukan pembinaan. Pelanggaran kedua, ia mendapatkan revisi walupun tak memenuhi syarat. Ia meminta klarifikasi Kemenkumham atas kejadian ini. “Pak @LaolyYasonna Berdasar Pasal 34 ayat 3b PP 99/2012, syarat2 bagi NAPI untuk dpt remisi adlh telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh LAPAS dengan predikat baik. Kan Ahok ga di LAPAS, kok dpt remisi?? Bukankah itu melanggar UU pak? Double lagi melanggarnya, Sbgai menkumham, tolong kami dijelaskan pak @LaolyYasonna ...apakah dg tdk menempatkan Ahok di LP dan memberi remisi kpd ahok pdhl ahok tdk pernah mengikuti program yg diselenggarakan oleh LP, tdk melanggar UU?”, tulisnya. [Irfan]

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget