Peduli Rohingya, Ribuan Umat Islam Padati Alun-alun Ciamis


Bdg.news. CIAMIS - Ribuan umat Islam berkumpul memadati Alun-Alun Kota Ciamis pada Selasa, 12 September 2017 dalam Aksi Solidaritas dan Doa Untuk Rohingya. Masyarakat yang hadir terdiri dari elemen pondok pesantren, lembaga pendidikan, sekolah, dan organisasi masyarakat di Kabupaten Ciamis. Acara juga dihadiri dan didukung oleh jajaran Muspida Ciamis. Tampak hadir Bupati Ciamis (H. Iing Syam Arifin) memberikan sambutan dan orasi dukungan kepedulian terhadap muslim Rohingya. Selain itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis dan Kepala Polres Ciamis juga tampak hadir.

Aksi yang diselenggarakan oleh Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Ciamis, hingga aksi berakhir berhasil menghimpun dana mencapai sekitar Rp 230 jutaan. Namun, data capaian dana dimungkinkan akan terus bertambah setelah aksi. KH. Nonop Hanafi selaku Ketua Umum FPP dalam sambutannya menyampaikan bagaimana pentingnya umat Islam menaruh kepedulian terhadap saudara-saudara muslim Rohingya. "Tak perlu menjadi muslim, tapi cukup menjadi manusia untuk peduli terhadap Rohingya", pekiknya. Rencananya dana yang terkumpul akan disalurkan langsung oleh relawan ke daerah perbatasan.

Di tengah ribuan peserta aksi, tampak pula kibaran panji-panji umat Islam. Panji Tauhid berwarna hitam dan putih bertuliskan lafadz "Laa Ilaaha illaAllah Muhammad Rasulullah". Di tengah riuhan pekik takbir semangat dan orasi dukungan, kibaran panji-panji Islam ini memberikan ruh semangat perjuangan di antara ribuan peserta. Seolah, setiap kibaranya mengikuti ritme suasana aksi siang itu.

Pemandangan indah terjadi, saat KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsyi (Pimpinan Ponpes Darussalam Ciamis) membacakan Puisi untuk Rohingya. Alunan irama dan sajak diikuti oleh gelombang kibaran panji-panji umat Islam. Menambah suasana haru karena panji-panji ini menggambarkan persatuan umat Islam lintas golongan, suku, ras, apalagi sekat negara. Panji-panji tauhid ini seolah menyatukan hati umat Islam bahwa mereka adalah umat yang satu, satu pemikiran, satu perasaan, dalam aqidah yang sama. Sebab, kelak di Yaumil Akhir umat Rasulullah SAW akan disatukan dalam naungan barisan panji-panji ini.

Bukan hanya panji-panji tauhid bertiang bambu yang dibawa oleh peserta. Tampak ada Panji ar Rayah (berwarna hitam) yang berukuran besar digiring keliling di sekitar panggung utama oleh peserta. Panji hitam besar ini digelombangkan saat peserta menyanyikan lagu perjuangan aksi bela Islam dan Rohingya.

Acara ditutup khidmat dengan doa untuk muslim Rohingya yang dipimpin oleh KH. Drs. Ahmad Hidayat, S.H. (Ketua Umum MUI Kabupaten Ciamis). Seusai doa, ribuan massa berpawai mengelilingi seputaran Kota Ciamis dengan membawa atribut spanduk bertemakan dukungan terhadap muslim Rohingya. Tidak ketinggalan, panji-panji tauhid juga dibawa keliling kota. [Fr-129]

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget