HTI Mengajarkan Arti Perjuangan yang Sesungguhnya


Oleh: Mashari A. Hamzah

Dalam tulisan ini, saya sedang tidak ingin membahas tentang pembubaran HTI secara sepihak oleh penguasa otoriter boneka asing. Biarlah waktu yang menjawab, apakah dibubarkannya HTI akan membuat perjuangan tegaknya Khilafah mati atau justru lebih banyak lagi bermunculan umat Islam yang menggantikan HTI untuk melanjutkan perjuangan demi teganya Syari'ah dan Khilafah.

Biarkan pula waktu yang menjawab bagaimana masa depan #RezimRepresifAntiIslam nantinya. Apakah akan semakin jumawa dengan kekuasaan otoriternya, ataukah Allah akan hancur leburkan kekuasaan mereka sebagaimana Allah hancurkan orang-orang dzolim terdahulu yang menghalang-halangi dakwah.

Dalam tulisan ini saya ingin mengatakan bahwa HTI telah mengajarkan kepada kita semua tentang arti perjuangan yang sesungguhnya. Lewat aktivitas-aktivitas HTI yang selalu dengan ciri khasnya yang elegan, smart, damai dan cantik serta ide-idenya yang cemerlang kita jadi punya rule model, HTI inilah model pejuang yang excellent.

HTI mengajarkan tentang metode perjuangan yang patut ditiru oleh semua ormas dan siapa saja yang ingin berjuang bagi kebaikan negeri ini.

HTI mengajarkan bahwa dalam berjuang harus memiliki visi dan misi serta metode perjuangan yang benar, yang dalam bahasa HTI disebut dengan fikrah dan thariqah. Jika kita amati, HTI begitu konsisten dengan dakwahnya yang selalu mengajak umat Islam untuk menegakkan Syari'ah dan Khilafah yang merupakan bagian dari visi dan misinya untuk melanjutkan kehidupan Islam. HTI sadar bahwa satu-satunya cara umat Islam bisa kembali berjaya dalam kancah perpolitikan dunia adalah dengan kembali menerapkan syari'at Islam secara kaffah dalam naungan Khilafah. Begitu pula kita bisa melihat HTI begitu istiqomah dengan metode perjuangannya untuk melakukan dakwah pemikiran, diskusi intelektual dan dilakukan dengan cara-cara damai. Tak pernah kita lihat HTI melakukan kekerasan fisik. Bahkan ketika Tito 'keceplosan' sengaja membenturkan HTI dengan ormas lain ketika acara Mashiroh Panji Rasulullah (MaPaRa) beberapa waktu lalu, bahkan sampai ada yang mendapat kekerasan fisik, HTI tetap sabar dan tidak terprovokasi untuk membalas dengan kekerasan. Sebab, HTI selalu konsisten dengan metode dakwahnya.

Selain itu, HTI juga mengajarkan bahwa perjuangan tidak boleh dilakukan atas dasar kepentingan sesaat, seperti yang kita saksikan banyak parpol yang dengan mudahnya berkoalisi, lalu jadi oposisi, lalu berkoalisi dan beroposisi lagi berdasarkan kepentingan partai. Semangat mendemo kenaikan BBM dan TDL selagi belum berkuasa, tapi menjadi yang paling semangat menaikkan ketika berkuasa. Kenapa semua itu terjadi? Kepentingan. Bagi HTI, perjuangan harus dilandasi dengan dorongan keimanan dan semata-mata mencari ridho Allah SWT. Para anggotanya berjuang dengan ikhlas, tidak dibayar, bahkan rela berinfaq demi perjuangannya. Ini yang membuat HTI mampu bersuara lantang menyampaikan kebenaran, sebab tidak terikat dengan kepentingan apapun.

HTI juga mengajarkan kita untuk tetap santun dalam menyampaikan pendapat. Dalam setiap forum, di acara ILC kemarin misalnya, kita bisa menyaksikan karakter anggota HTI yang santun dan cerdas. Nampaknya HTI benar-benar mampu mengamalkan dakwah sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Qur'an surat an-Nahl: 125 ini, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik." Sungguh, karakter bawaan HTI jauh dari kata-kata kasar, melotot, tunjuk-tunjuk apalagi marah-marah. Duh, makin cinta dengan HTI.

Masih banyak kebaikan-kebaikan yang bisa kita contoh dari HTI dan para anggotanya. Sungguh sayang bila HTI menjadi korban kesewenang-wenangan penguasa hanya untuk melapiaskan syahwat segelintir kapitalis yang merasa terganggu dengan keberadaan HTI. Kita berdo'a semoga Allah memberikan kebaikan untuk negeri ini dan menegakkan Syari'ah dan Khilafah, meski tanpa kehadiran HTI. Aamiin ya Rabbal 'alamiin..

#SaveHTI
#SuratCintaUntukHTI
#LoveUHti
#WeAreHTI
#HTIDiHati
#HTIPejuangIslam
#Thanks4HTI

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget