Masya Allah, Lautan Obor dan Panji Islam Hiasi Malam di Kota Banjar




Bdg.News. Banjar. Ada yang istimewa pada kamis malam (25/05/2017) di Kota Banjar. Penyebabnya adalah adanya agenda pawai obor yang diadakan oleh MUI Kota Banjar dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1438 H. Nyala obor yang begitu banyak yang dibawa peserta bak lautan menjadikan malam menjadi indah.

Yang menjadi istimewa, pada pawai kali ini juga nampak banyak sekali bendera Rasulullah Saw, benderanya umat Islam (al-Liwa) dan Panji Rasulullah Saw, panjinya umat Islam (ar-Rayah). Bendera dan panji Islam tersebut dibawa dan kibarkan oleh para peserta dengan penuh kebanggaan.

Untuk diketahui, al-Liwa dan ar-Rayah memang bagian dari ajaran Islam karena memang terdapat dalam banyak hadist, diantaranya :

"Panji (rayah) Rasulullah saw berwarna hitam dan benderanya (liwa)-nya berwarna putih; tertulis padanya : La Ilaaha Illallaah Muhamad Rasuullah." (HR. Ath-Thabarani).



Perpaduan antara nyala obor dan kibaran al-Liwa dan ar-Rayah menciptakan pemandangan yang indah. Tak heran bila warga disepanjang rute pawai nampak antusias menyaksikan sambil mengabadikan aksi damai ini menggunakan handphone mereka. Bahkan para pengendara pun ada yang ikut merekamnya. Pawai semakin semarak dengan adanya pertunjukan drum band dari siswa sekolah.

Pesan dari pawai yang menurut salah satu panitia diikuti oleh ribuan peserta ini antara lain agar Ramadhan tahun ini berjalan dengan tertib. Juga ajakan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya yakni penolakan dari peserta aksi terhadap upaya kriminalisasi terhadap ulama dan menolak upaya pembubaran ormas Islam.

Peserta aksi terdiri dari berbagai elemen masyarakat Kota Banjar, seperti dari berbagai pesantren, majelis taklim, siswa anggota Pramuka, hingga masyarakat pada umumnya.



Pawai ini di mulai dari Mesjid Agung Kota Banjar, melalui Jl. Letjen Suwarto, Taman Bakti, Jl. Perintis, dan finish di depan Mesjid Agung.



Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget