Mendagri : Penyelesaian e-KTP Untuk Kepentingan Pesta demokrasi






BDG.NEWS, Bandung - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo mengatakan, finalisasi penyelesaian e-KTP ditargetkan bisa selesai pada tahun 2018. Dengan demikian, saat pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, semua administrasi kependudukan tersebut tuntas.

“Sekarang untuk balnko e-KTP sedang tahap finalisasi tender. Mudah-mudahan cepat selesai,” ujar Mendagri saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Senin (6/3/2017).

Saat ini, lanjut Mendagri, warga Indonesia yang wajib memiliki KTP dan yang belum memiliki e-KTP‎ tinggal sekitar 5 persen. Total penduduk Indonesia yang wajib memiliki KTP sebanyak 183 juta penduduk.

“Jadi hanya 5 persen dari penduduk yang wajib punya KTP itu yang baru memiliki surat keterangan dan target kami tahun ini sudah bisa punya e-KTP,” tambahnya.

Mendagri pun optimis penyelesaian e-KTP tersebut bisa terkejar untuk kepentingan pesta demokrasi yang akan digelar di tahun depan. Namun, pihaknya menyebutkan, target penyelesaian e-KTP bisa selesai sebelum pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada tahun 2019.

“Tapi untuk Pilkada tahun depan, saya kira akan bisa tercapai. Kalau pun belum, nanti bisa pakai surat keterangan sementara dan itu sah. Dengan demikian hak politik warga negara untuk menggunakan hak pilihnya tercapai,” tegasnya. (fokusjabar)

Editor : Hadi Rasyidi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget