Jalur Kuningan-Majalengka Terputus, Arus Lalu Lintas Dialihkan Melalui Jalur Alternatif Rajagaluh






BDG.NEWS, Bandung -Jalur utama penghubung dua kabupaten di Jabar, yakni Majalengka dan Kuningan terputus akibat jalan longsor. Longsor di Jalan Raya Majalengka-Kuningan tersebut akibat hujan deras yang mengguyur dua kabupaten itu selama tiga hari terakhir.

Longsor yang terjadi Jumat (17/2/2017) dinihari itu di Jalan Raya Darma Kuningan, tepatnya di Desa Kawahmanuk, Blok Wage Cireungit, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, jalan yang amblas tersebut merupakan jalan nasional penghubung Kuningan – Cikijing Majalengka (di km -7.0097540, 108.3924850).

“Amblasnya jalan di titk tersebut, polisi melakukan rekayasa arus lalulintas dari dua kabupaten, untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan,” jelas Yusri, Jumat (17/2/2017).

Saat ini dua polres, baik Majalengka dan Kuningan tengah melakukan pengalihan arus kendaraan dari dua arah. Untuk menghindari jalan yang amblas tersebut.

“Arus lalu lintas dari Kuningan menuju Cikijing maupun sebaliknya dialihkan melalui dua jalur alternatif yang disiapkan. Jalur pertama yakni melalui Desaa Karanganyar Darma – Desa Parung – Cidulang – lalu ke Cikijing Majalengka,” papar Yusri.
.
Sedangkan untuk jalur yang kedua, kendaraan dialihkan melalui Desa Jagara – Desa Sakerta Timur – Desa Sakerta Barat – Desa Sukarasa – keluar dari Desa Cipasung.

“Di dua jalur alternatif tersebut, hanya bisa digunakan untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan roda enam atau lebih akan diarahkan melalui jalur Jalan Raya Caracas-Sumber-Rajagaluh,” terangnya.

Kabid Humas mengimbau agar pengendara roda dua dan roda empat agar melewati dua jalur alternatif yang disiapkan, senantiasa berhati-hati karena kondisi jalan yang sempit serta banyaknya belokan dan jalan menurun.

“Pengendara yang hendak menggunakan jalur alternatif yang disiapkan pascalongsornya jalur utama Majalengka-Kuningan harap berhati-hati, karena jalur alternatif tersebut memiliki lebar jalan yang sempit serta banyak belokan dan turunan atau tanjakan,” pungkasnya. (fokusjabar)

Editor : Hadi Rasyidi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget