Mewujudkan Mega Proyek Tahun 2017: Khilafah Islamiyah


Oleh: Irfan Wahyudin (Mahasiswa FPEB UPI)

Jika Anda mendapatkan tawaran mega proyek bisnis infrastruktur jembatan dengan ekspektasi profit puluhan miliyar rupiah, apa yang harus Anda lakukan? Tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berfikir! Memikirkan alasan apa yang melatarbelakangi sehingga tawaran tersebut harus diambil?  Jika Anda memilih untuk mengambil proyek tersebut dan telah dapatkan alasannya, berarti Anda telah siap menanggung segala konsekuensi dan resiko yang akan didapatkan di kemudian hari. Langkah selanjutnya adalah mempelajari konsep dan teori yang berkaitan dengan infrastruktur jembatan tersebut, jangan sampai Anda menjelaskan ide kepada customer dan rekan Anda, namun Anda sendiri tak tahu apa yang Anda jelaskan.
Selanjutnya, Anda perlu merancang, melakukan survei dan mengadakan penelitian mengenai infrastruktur jembatan yang akan Anda rancang. Tentukan apa saja yang harus Anda siapkan, tentukan deadline penyelesaiannya, berapa Sumber Daya Manusia yang akan Anda libatkan dan berapa biaya keseluruhan yang harus Anda keluarkan? Kemudian Anda diskusikan dan presentasikan ide Anda dengan melibatkan orang-orang terpilih dan orang-orang yang Anda percayai. Pilih rekan yang mampu mengingatkan dikala Anda salah mengambil langkah dan menyemangati dikala Anda sedang dirundung masalah dalam mewujudkan mega proyek yang akan Anda jalankan.
Langkah kelima, siapkan sarana dan sosialisasikan dengan melibatkan banyak orang yang se visi dengan Anda. Sosialisasikan ide Anda dan buat sebanyak mungkin orang mempercayai ide Anda. Pergunakan berbagai media dan sarana untuk mensosialisasikan gagasan Anda. Yakinkan pada mereka bahwa ide infrastruktur jembatan yang Anda usung akan mendatangkan profit puluhan miliyar rupiah dan berbagai benefit yang menjanjikan lainnya. Terakhir, Kerjakan dengan penuh perhitungan hingga tuntas! Penuh keiklhasan, cerdas dan berkualitas. Jangan sampai proyek Anda mengalami defisit anggaran, tak sesuai deadline dan tak rapi dalam pengadministrasian.
Jika langkah-langkah tersebut Anda lakukan, maka Anda telah melangkahkan kaki menuju gerbang keberhasialn proyek Anda. Lantas, pertanyaannya. Bagaimana jika “Mega Proyek” itu adalah menegakkan Syariah dalam bingkai Khilafah Islamiyah? Apakah kegigihan Anda dalam mewujudkan “Mega Proyek” tersebut sama halnya dengan mewujudkan mega proyek infrastruktur jembatan dengan profit puluhan miliyar rupiah?

 wallahu'alam

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget