Kesaksian Ketua Umum MUI Dalam Sidang Ahok Hari Ini




BDG.NEWS, Jakarta - Pertanyaan tim pengacara terdakwa penistaan Agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mempertanyakan keputusan dan sikap keagamaan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dijawab tegas Ketua MUI, KH Ma’ruf Amin bahwa persoalan Ahok tidak hanya cukup ditegur. Karena persoalan tersebut termasuk isu nasional sehingga berpotensi menimbulkan kegaduhan. “Ini sudah isu nasional. Sehingga bukan lagi masalah daerah dan sifatnya sudah nasional yang juga berpotensi menimbulkan kegaduhan yang bersifat nasional,” kata KH Ma’ruf Amin di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (31/1). Kuasa hukum Ahok kembali menanyakan apakah keputusan dan sikap keagamaan MUI pusat tidak bertentangan dengan teguran yang dikeluarkan MUI DKI Jakarta sebelumnya.

“Bukankah (teguran) itu sudah merujuk pada Al Maidah 51?,” cecar kuasa hukum Ahok. Menjawab pertanyaan tersebut, KH Ma’ruf merespon bahwa teguran yang dikeluarkan MUI DKI Jakarta belum menjawab tuntutan masyarakat. Oleh Karena itu MUI pusat mengeluarkan keputusan dan sikap keagamaan dasar penegakan hukum positif oleh pihak Kepolisan. “Teguran itu belum menjawab tuntutan masyarakat. Dan kemudian masyarakat berharap bisa ditindaklanjuti dengan masalah hukum sehinggga dianggap cukup,” tegasnya.

Ditambahkan KH Ma’ruf, bersama 4 komisi yakni komisi fatwa, pengkajian, perundangan dan informasi komunikasi (infokom), MUI tidak membahas isi kandungan ataupun tafsir melainkan fokus pada satu kalimat yang diucapkan Ahok, yakni yang menggunakan surat Al-Maidah sebagai alat untuk Berbohong. “Kami tidak membahas kandungan isi dan tafsir Al Maidah. Yang kami bahas hanya ucapan terdakwa,’ tegas Ma’ruf. Masih dijelaskan KH Ma’ruf, keempat komisi tidak memerlukan pembahasan dari keseluruhan video. “Satu kalimat saja. Tidak ada masalah yang perlu pembahasan dari keseluruhan video. Kesimpulannya bahwa terdakwa mengatakan Alquran sebagai alat untuk kebohongan dan itu merupakan itu penghinaan,” ungkapnya.

Sumber : kiniNEWS
Editor   :  Hadi Rasyidi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget