Di Lokasi Sidang Kelima Hari Ini, Aksi Pro Dan Kontra Ahok Dipisahkan Dengan Jarak Yang Sangat Jauh




BDG.NEWS, Jakarta - Massa pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI sudah tiba di lokasi sidang lanjutan perkara dugaan penistaan agama oleh Ahok di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, kedua pihak yang hendak melakukan aksi saat sidang perkara Ahok dimulai hari ini dipisahkan aparat kepolisian di lokasi yang berbeda.

Massa pendukung Ahok berorasi di sebelah kanan depan Gedung Auditorium Kementan. Sementara massa GNPF akan melakukan aksi di sebelah kiri Gedung Auditorium Kementan.

Keduanya akan melakukan aksi di Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan depan Gedung Auditorium Kementan yang ditutup untuk kendaraan umum. Namun yang berbeda, aksi kedua kubu hari ini dipisahkan dengan jarak yang sangat jauh.

Massa kontra Ahok terdiri dari beberapa beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Sedangkan massa pendukung Ahok juga gabungan dari beberapa ormas.

Kira-kira kedua belah kubu melakukan aksi 100 meter jauhnya dari lokasi sidang. Mereka pun dibatasi dengan kawat berduri serta kendaraan taktiks baracuda dan water cannon.

Pintu masuk Selatan Gedung Auditorium Kementan di Jalan RM Harsono ditutup untuk umum. Para pegawai Kementan diizinkan masuk melalui pintu utara yang terletak di Jalan TB Simatupang. (okezone)

‎"Kalau sudah keluar, tidak bisa masuk. Begitu aturannya," kata salah seorang polisi yang berjaga di pintu Selatan Gedung Auditorium Kementan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Personel kepolisian pun terlihat berjaga-jaga di kawasan unjuk rasa. Massa pendukung Ahok terlihat menggunakan kemeja kotak-kotak dalam aksinya, sedangkan massa kontra Ahok terlihat banyak yang menggunakan pakaian putih-putih. Kedua belah pihak hingga kini belum melakukan aksi mereka dan masih mempersiapkan diri untuk aksinya.

Untuk diketahui, sidang lanjutan perkara dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) digelar hari ini, Selasa 10 Januari 2017.

Sidang hari ini merupakan sidang kelima dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) itu akan kembali digelar di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Saat ini, Ahok berstatus sebagai terdakwa perkara dugaan penistaan agama. Pernyataannya terkait Surat Al-Maidah Ayat 51 menyeret dirinya ke meja hijau.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Ahok dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun. (okezone)


Sumber Foto :Kanavino A Rizqi

Editor : Hadi Rasyidi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget