KPA Kota Bandung: Kasus Penyimpangan Seksual Terjadi Cukup Signifikan







BDG.NEWS, Bandung -  Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menegaskan, peningkatan kasus HIV/AIDS di Kota Bandung perlu mendapatkan dukungan dan komitmen bersama. Dengan demikian, penularan penyakit yang menyerang imunitas tubuh tersebut bisa dihentikan.
“Peningkatan kasus yang cukup signifikan harus menjadi perhatian kita. Memang tidak mudah karena ini menyangkut gaya hidup dan kehidupan pribadi masyarakat. Tapi bagaimanapun juga gaya hidup dan kehidupan pribadi itu tetap memiliki resiko kesehatan masing-masing,” ujar wali kota yang akrab disapa Emil pada acara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kota Bandung di halaman Markas Kodim 0618/BS, Jalan Bangka Kota Bandung, Minggu (4/12/2016).
Berdasarkan data yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung hingga September 2016, terdapat 2.125 kasus HIV dan 1.835 kasus AIDS. Setiap tahun, rata-rata terdapat penambahan 200-400 kasus.
Dari data tersebut, lanjutnya, peningkatan kasus pada pelaku penyimpangan seksual terjadi cukup signifikan. Kasus HIV/AIDS meningkat 30 persen pada heteroseksual dan 10 persen pada homoseksual. Pihaknya pun menginstruksikan aparatur kewilayahan untuk merazia tempat-tempat hiburan yang menurutnya bisa berpotensi menjadi tempat praktik prostitusi.
“Khususnya peningkatan penularan pada heteroseksual yang diduga terjadi di ruang pribadi atau publik yang tertutup dan mengandung potensi bahaya,” tambahnya.
Selain itu, lanjutnya, pendidikan terhadap warga usia sekolah pun perlu ditingkatkan. Dinas Pendidikan pun diminta untuk membuat imbauan dan peringatan dalam berbagai media.
“Saya titip ke Dinas Pendidikan, kita fokus untuk meningkatkan pengetahuan kepada anak-anak yang masih mencari nilai untuk menghindari perilaku yang mengancam kesehatan. Mudah-mudahan, acara hari ini menjadi alarm untuk kita semua agar kompak mencegah penularan dan penyebaran HIV/AIDS. Mari tetap bersemangat agar apa yang kita upayakan ini mendapat hasil yang maksimal,” pungkasnya. (fokusjabar)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget