Kesempatan Kerja Warga Lokal Akan Menjadi Sulit







BDG.NEWS, Bandung -Pemerintah Provinsi Jawa Barat khawatir pengajuan kewarganegaaraan Indonesia melalui aplikasi online oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bisa berdampak pada kesempatan kerja warga lokal menjadi sulit.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Ferry Sofyan Arief, mengatakan dengan penduduk yang padat, angkatan kerja di Jawa Barat juga cukup tinggi jumlahnya mencapai hampir 21 juta orang.

"Penduduk yang sudah bekerja sekitar 19 juta orang dan angka pengangguran kita masih 1,9 juta orang lagi,"tutur Ferry, Minggu (18/12/2016).

Dia khawatir rencana peluncuran aplikasi pengajuan kewarganegaraan Indonesia secara online akan menambah berat beban pemerintah dalam mengentaskan pengangguran.

Pasalnya pendaftara kewarga negaraan Indonesia secara online terkesan membuka seluas-luasnya Warga Negara Asing (WNA) untuk menjadi Warga negara Indonesia (WNI).

"Kalau ada kemudahan jadi WNI, saya khawatirnya untuk tenaga kelas bebas (non profesional). Kelompok masyarakat yang punya pengetahuan terbatas, pendidikan terbatas itu bisa habis," ujarnya.

Terlebih jika pemerintah tidak melakukan seleksi secara ketat WNA yang menginginkan menjadi WNI melalui aplikasi online tersebut. (ayobandung)

"Kalau membuka kesempatan bagi orang-orang khusus seperti olahragawan berprestasi, peneliti atau kelompok profesional sih tidak akan jadi masalah. Tapi semua level tentu akan jadi masalah, karena WNA yang ingin jadi WNI akan mencari kerja juga,"katanya. (Mildan-ayobandung)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget