Pungutan Liar (Pungli) : Biaya Pembuatan SIM Mahal, Warga Pangandaran Mengeluh





BDG.NEWS, Pangandaran - Maraknya kasus pungutan liar (Pungli) yang terjadi belakangan ini, membuat publik merasa resah. Pasalnya, masyarakat yang selalu menjadi obyek pungli yang dilakukan sejumlah oknum tersebut tidak tahu apa definisi pungli itu sendiri.
Sebagian warga Pangandaran menanyakan apa arti dari pada pungli. Pertanyaan ini cukup mendasar dari keluhan masyarakat terkait biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dibilang sangat mahal.
”Diakui, selain memang diwajibkan bagi para pengendara kendaraan bermotor untuk memiliki SIM, disamping itu pula banyak warga mepertanyakan biaya SIM yang dianggap begitu mahal,” ungkap Ujang Bima, warga RT 02 RW 02 Dusun Patrol, Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Selasa (08/11/2016).
Dia mencontohkan, tarif pembuatan SIM  yang tertera, sebesar Rp125 ribu, namun kenyataan di lapangan pembuatan SIM mampu merogok kocek hingga mencapai Rp400 ribu hingga Rp500 ribu untuk pembuat SIM baru.
“Banyak masyarakat mengeluhkan tarif yang sangat mahal. Bila tarif ini berlaku untuk orang yang tidak mampu bagaiamana? Disamping berkewajiban untuk memiliki SIM bagi pengendaran kendaraan bermotor. Kamarin saja, teman saya membuat SIM di otlet SIM Keliling Polres Ciamis, menghabiskan biaya hampir Rp400 ribu. Padahal masyarakat tahu bahwa pembuatan SIM itu hanya Rp. 125 ribu,” tuturnya.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 Tentang PNBP pada Polri, biaya pembuatan SIM Baru dengan biaya, SIM A Rp. 120 ribu, SIM B1 Rp. 120 ribu, SIM B2 Rp. 120 ribu, SIM C Rp. 100 ribu dan SIM D Rp. 50 ribu. Adapun biaya tambahan Asuransi Rp. 30 ribu, biaya Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP) SIM B1, B2 dan SIM Umum Rp. 50 ribu
Hal senada pun diungkapkan warga lainya, Agus, pembuatan SIM yang dianggap mahal ini memang sudah lama terjadi. Namun hingga saat ini belum ada penjelasan langsung kenapa biasa mahal dari harga yang sebenarnya.(fokusjabar)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget