Pemkab Bandung Barat: Banjir Bandung Akibat KBU Rusak






BDG.NEWS, Bandung - Sekda Kabupaten Bandung Barat (KBB) Maman S Sunjaya menduga banjir bandang yang menerjang Kota Bandung dalam beberapa pekan terakhir akibat rusaknya Kawasan Bandung Utara (KBU). Namun dia menolak keras jika KBB yang disalahkan.
"Banjir di kota kembang bukan hanya buruknya drainase, tapi bisa juga karena KBU yang sudah rusak," tutur Maman, Rabu (16/11/2016).
Sebagian besar, kata Maman KBU, memang masuk wilayah KBB, namun bukan berarti wilayahnya menjadi penyebab banjir Kota Bandung.
Dia memaparkan, kewenangan KBU berada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sejak itu pula, Pemkab Bandung Barat tidak pernah memberikan izin pembangunan.
"Justru menurut kajian yang dilakukam oleh Walhi, 80% KBU yang masuk Kota Bandung sudah rusak,"ujarnya.
Kerusakan KBU di wilayah Kota Bandung karena banyaknya lahan hijau yang telah beralih menjadi bangunan, baik hotel, vila, maupun perumahan.
"Lembang memang masuk KBU, aliran airnya bukan ke Citepus tapi ke Cikapundung melalui Maribaya," katanya.
Di lain sisi, resapan air Kota Bandung sudah beralih menjadi beton. Maman mencontohkan, Situ Aksan dan Situ Saeur yang saat ini tinggal nama karena telah beralih menjadi rumah.
"Kalau kita selalu taat aturan, standar operasional prosedur (SOP) tiap pembangunan di KBU harus atas rekomendasi Pemprov Jabar. Objek wisata Maribaya saja yang jelas-jelas milik kita tidak ada fondasi bangunan, silakan dicek ke sana," ujarnya.(ayobandung)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget