Kabupaten Bandung Barat Diklaim Siaga Bencana





BDG,NEWS, Bandung - Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Wawan Herawan mengklaim status siaga bencana saat ini ditetapkan untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut dikarenakan kondisi lahan wilayah tersebut rawan longsor.
Wawan menuturkan, dari 16 kecamatan, 14 diantaranya masuk kategori rawan bencana. Sedangkan, dua kecamatan lainnya, Kecamatan Batujajar dan Cihampelas tidak termasuk.
"Penanggulangannya kita sudah siapkan petugas piket selama 24 jam penuh, walaupun ada dua kecamatan yang tidak termasuk kategori rawan tetap ada petugas piket," ujar Wawan kepada Radio PRFM, Jumat (18/11/2016).
Faktor terjadinya bencana longsor, menurut Wawan dikarenakan curah hujan sangat tinggi, ditambah kondisi tanah gembur dan berbukit - bukit.
Sebagai antisipasi, BPBD Kabupaten Bandung Barat juga sebelumnya sudah memberi imbauan serta sosialisasi berkala kepada masyarakat sekitar.
"Penanganan sekarang, kalau itu menganggu akses jalan dan menimbulkan kerawanan bagi masyarakat, kita ungsikan mereka," ungkapnya.
Wawan menambahkan, masyarakat yang sudah diungsikan yaitu Kecamatan Cipatat, pasalnya terjadi pergerakan tanah dan dikhawatirkan pemukiman tersebut terbawa longsor.
"Kita ungsikan sekitar 42 rumah sampai kondisi aman, tapi rumahnya tidak rusak, kebanyakan mereka diungsikan ke kerabat dan saudaranya, namun untuk malam ini kita juga berencana siapkan posko yang tidak jauh dari lokasi tersebut," jelas Wawan.
Adapun sejumlah daerah yang sudah terjadi longsor diantaranya, Lembang, Parongpong, Cisarua, Cikalong Wetan, Citatah, Ciliin, Gunung Halu, Rongga, Sindangkerta, Cipongkor, dan Saguling.(prfmnews)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget