Forum Guru Inspiratif : Visinya Tauhid Misinya Dakwah






BDG.NEWS, Bandung - Menjadi Guru yang berkarya dan memiliki tanggungjawab besar untuk memajukan kepentingan pendidikan tidaklah mudah, karena sebagai Guru harus mempunyai visinya tauhid misinya dakwah. Visi dan Misi tersebut yaitu:

  1. Lega dan tenang ketika taat beribadah & jauh ma'shiyat.
  2. Gelisah dan galau ketika belum beribadah dan sedang berma'shiyat. 
  3. Membimbing & Mengarahkan untuk taat pada Sang Khaliq.
  4. Membekali pengetahuan dan keterampilan untuk hidup di zamannya
Keempat hal ini, semestinya dipegang oleh semua Guru dan harus bisa mengalahkan godaan-godaan cara berpikir kehidupan Kapitalis-Sekuler. Mengapa demikian ? apabila mengikuti cara pandang kehidupan tersebut, sebagai contoh kecil Guru hanya memikirkan beresnya saja administratif untuk membuat rancangan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Jangan heran, kalau ada yang menyusun RPP dan Silabus tinggal copy-paste, ganti tahun nama dan sekolah, menyebabkan tidak membuat perubahan dalam cara mengajar, menjadikan visi dan misi seorang guru tidak dapat efektif di dalam kegiatan belajar mengajar.
Apa yang harus ada di benak para Guru ? tentunya harus melihat dengan keyakinan agar Visi dan Misi menjadi guru yang berkarya dan bertanggungjawab dapat dimaksimalkan. Seperti Belajar dari Syaikh Aaq Syamsuddin, beliau adalah guru Muhammad al-Fatih, pahlawan Islam dari Dinasti Utsmaniyah yang sukses menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1435 M. Berkat bimbingan Syeikh Syamsuddin, al-Fatih berhasil menaklukkan kerajaan raksasa dunia, Bizantium, di usia al-Fatih yang masih 25 tahun.

لتفتحن القسطنطينية فلنعم الأمير أميرها ولنعم الجيش ذلك الجيش
“Sungguh (pasti) Qasthanthiniyah (Konstantinopel) akan di taklukkan, maka sungguh sebaik-baiknya pemimpin adalah pemimpinnya, dan sebaik-baiknya pasukan adalah pasukan itu.
Dengan melihat keyakinan ini, walaupun kita hidup di area Kapitalis-Sekuler. Guru pasti mampu untuk membuat perubahan yang baik, terhadap kegiatan belajar mengajarnya. Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ 
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’d: 11)

Marilah sama-sama berusaha menjadi Guru Inspiratif yang membuat muridnya senang belajar serta menjadikan isi Visi & Misi Guru diimplementasikan dengan baik. Oleh karena itu, Guru harus menjadi agen perubahan bervisi-misi Islam Rahmatan lilalamin, supaya memiliki energi lebih besar menjadi pribadi-pribadi yang taat dan  menjadi perantara sampainya cahaya Illahi. Dan diharapkan dapat bergabung dalam komunitas dakwah agar memiliki jejaring yang luas,“ ucap Pak Ayrofi diakhir pemaparannya.




Visi dan Misi Guru Inspiratif ini, disampaikan di Gedung PGRI Kota Bandung Jawa Barat oleh Pak Asyrofi, M.Pmat. (Guru matematika SMAT Krida Nusantara),  Jalan Talaga Bodas no 56-58 Bandung, dihadiri oleh para guru yang berasal dari Bandung, Cimahi, Padalarang dan Cianjur di acara #ForumGuruInspiratif,  persembahan LDS HTI Baraya, 27 November 2016 tema “Menggagas Sistem Pendidikan Berkualitas (Optimalisasi Peran Guru dalam Mewujudkan Generasi Berkarakter Mulia)” 

Hadi Rasyidi, S.Kom - Instruktur Keterampilan Komputer SMAT Krida Nusantara

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget