Aksi Bela Islam 4 November Juga Dilakukan di Daerah


PURWOKERTO -- Seperti yang akan berlangsung di Jakarta, sejumlah elemen organisasi umat Islam di Kabupaten Banyumas juga akan menggelar aksi Bela Islam pada Jumat (4/11), mendatang. Kepastian tersebut disampaikan oleh gabungan beberapa organisasi massa Islam dalam wadah Forum Umat Islam (FUI) Banyumas.

Koordinator aksi FUI Banyumas, Fuad Sirojuddin Yahya, menyatakan ada sekitar 20 organisasi massa Islam di Banyumas yang sudah menyatakan akan ikut serta dalam aksi tersebut. ''Kami perkirakan, Jumat besok akan ada sekitar 800 hingga 2.000 orang yang akan ikut aksi. Mereka berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, takmir masjid, pondok pesantren, majelis taklim hingga guru ngaji,'' jelasnya, Rabu (2/11).

Menurutnya, aksi utama akan digelar di Markas Kepolisian Resor (Polres) Banyumas karena tujuannya untuk mendesak pihak Polri mengusut tuntas kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama. ''Di Mapolres, kami akan menyampaikan surat atas nama FUI Banyumas yang intinya meminta penegak hukum menegakkan supremasi hukum kepada siapa pun yang telah melakukan penistaan agama,'' katanya.

Aksi akan dimulai setelah Salat Jumat, selanjutnya peserta aksi menggelar pawai dari Masjid Agung Darussalam Purwokerto menuju Polres Banyumas yang berjarak sekitar 1 km. Undangan untuk ikut serta dalam aksi tersebut, juga sudah disampaikan pada organisasi jamiyah besar, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyumas.

Fuad menjamin, aksi yang dilakukan di Banyumas tidak terkait dengan konstetasi politik menjelang pelaksanaan pilkada di DKI Jakarta. ''Permintaan agar menindak tegas pelaku penistaan agama tidak hanya kami tujukan pada Ahok. Tapi terhadap siapa pun yang melakukan hal serupa,'' katanya.

Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setyawan mengaku sudah mendapat informasi mengenai akan adanya aksi pada Jumat 4 November, besok. Untuk itu, dia telah menyiapkan sekitar 500 personel untuk mengamankan jalannya aksi. ''Personel yang kami turunkan, akan mengawal massa yang melakukan pawai dari masjid agung hingga Mapolres Banyumas,'' katanya.
Sumber:republika.co.id

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget