Tiongkok Ultimatum Kapal Asing Jauhi LTS






Otoritas Tiongkok meminta semua kapal asing yang berada di Laut Tiongkok Selatan (LTS) untuk menyingkir pada Kamis 26 Oktober 2016 karena laut tersebut akan digunakan untuk keperluan latihan militer. Seperti dilaporkan Reuters, Rabu, lokasi latihan berada di selatan Pulau Hainan dan barat daya Kepulauan Paracel yang selama ini diklaim miik Vietnam dan Taiwan.


Otoritas Kemenhan Tiongkok telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada sejumlah pemerintah asing untuk ak menggunakan kawasan LTS pada Kamis ini.

Latihan militer Tiongkok di LTS tersebut berlangsung sepekan setelah kapal perang AS berlayar di sekitar Paracel yang disengketakan. Saat itu, Tiongkok sempat meradang dan meminta AS untuk meninggalkan kepulauan yang meski diklaim milik Vietnam dan Taiwan, selama ini dikuasai Tiongkok.

Data militer Amerika Serikat menunjukkan bahwa Tiongkok memiliki basis militer di Paracel, tepatnya di Pulau Woody, pulau terbesar di kawasan Paracel.

Tiongkok selama ini mengklaim hampir seluruh wilayah LTS yang kaya cadangan minyak dan gas serta merupakan jalur perdagangan bernilai 5 triliun dolar AS setahun. Gara-gara klaim ini, konflik puluhan tahun di LTS tak pernah tuntas. Pasalnya, negara-negara lain seperti Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam dan Taiwan juga memiliki hal serupa.

Tiongkok selama ini menggunakan fakta sejarah di negaranya untuk mengklaim laut yang puny anilai ekonomis tinggi itu. Dalam hal ini, Tiongkok menyatakan bahwa sejak era Tiongkok kuno, LTS sudah merupakan bagian dari teritorinya. Era Tiongkok modern baru saja dimulai pada pertengahan abad ke-20 yang menguakan klaim Beijing terhadap kepemilikan LTS.***

sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/
Label:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget