MHTI: Ibu, Mutiara Kebangkitan Generasi





Bdg.News. Muslimah DPD I HTI Jawa Barat kembali menggelar kajian umum bulanan Majelis Ta’lim Rindu Syariah pada hari Ahad (2/10/2016) dengan mengangkat tema “Ibu, Mutiara Kebangkitan Generasi Muda”.  Acara yang dilaksanakan di Aula Mesjid Raya Alun-alun Bandung dihadiri oleh sekitar 60 peserta dari Kota dan Kabupaten Bandung, serta Cimahi. Dan yang menjadi narasumber adalah Nurul Hidayani, S.P. (Ketua Lajnah Fa’aliyah Muslimah DPD I HTI Jabar).
Di awal materi Ustadzah Nurul Hidayani mengungkapkan keprihatinannya akan rapuhnya generasi muda hari ini. Diantara mereka ada yang kerap melakukan kenakalan remaja dan kriminalitas, seperti tawuran, meminum minuman keras, narkoba dan LGBT. Padahal apabila generasi rapuh maka sebagai cikal bakal hancurnya masyarakat. Syaikh Abdul Aziz bin Baazz menyatakan “Musuh-musuh Islam telah mengetahui fakta ini. Merekapun berusaha merintangi jalan pemuda muslim, dengan mengubah pandangan hidup mereka, memisahkan mereka dari agama, menciptakan jurang diantara mereka dan para ulama dan norma-norma yang baik di masyarakat.” Generasi muda adalah penentu tegaknya masyarakat, karena pemuda merupakan tulang punggung perubahan dan memiliki kekuatan fisik yang produktif, daya pikir dan nalar yang prima, serta semangat yang membara.
Selanjutnya Ustadzah Nurul Hidayani menegaskan bahwa generasi baik akan lahir dari pembinaan dan kualitas para ibu yang baik, dan ini tercermin pada masa generasi shahabat Rasul Saw. Sebagai sebaik-baik generasi, diikuti generasi tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Generasi terbaik akan mewujudkan kemuliaan dan kewibawaan umat, sehingga akan mengantarkan kepada masyarakat yang yang kokoh dalam keimanan pada Allah SWT, bertaqwa dan cinta pada Rasulullah Saw, selalu menolak kemunkaran dan kebathilan, mampu mewujudkan kesejahteraan dengan ketaqwaannya, mampu menaklukan bangsa-bangsa dibawah kekuasaannya yang penuh berkah, serta masyarakat yang pemerintahannya disegani seluruh bangsa di dunia. Oleh karena itu upaya untuk melahirkan generasi terbaik pada masa sekarang yaitu dengan menjadikan para ibu yang berkualitas. Kualitas ibu yang mampu menjadi mutiara kebangkitan harus memiliki: 1) Ilmu dan tsaqofah Islam yaitu matang kesadaran dalam menuntut ilmu dan tsaqofah Islam, tergambar jelas tujuan menuntut ilmu dan tsaqofahnya berdimensi dunia dan akhirat, melakukan pengkajian runut, terstruktur dan intensif, serta ilmu dan tsaqofah Islam berdampak pada ketaatannya pada Allah SWT; 2) Pendidik generasi yang handal, yang memahami tugas dan peran penting sebagai ibu generasi, memahami kondisi masyarakat, memahami sebab-sebab krisis kualitas generasi, dan  memiliki cita-cita terwujudnya generasi pemimpin peradaban; 3) Penggerak opini perubahan di tengah masyarakat dengan kewajiban berdakwah sebagaimana firman Allah SWT dalam  Q.S. Ali Imran [3]: 104, Q.S. Ali Imran [3]: 110, Q.S. An-Nahl [16]:125. Dakwah yang menggerakkan masyarakat dengan terbentuknya perubahan kesadaran, perubahan pemikiran dan pendapat, serta perubahan sikap dan kecenderungan. Dakwah bisa dengan berbagai cara dan sarana seperti lisan, tulisan, serta propaganda dan aksi.
Diakhir pemaparannya ustadzah Nurul Hidayani mengajak para ibu untuk bersegera mewujudkan dirinya menjadi ibu yang berkualitas, menjadi mutiara kebangkitan generasi muda.







Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget