Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung: Pemkot Bandung dinilai Gagal Memprioritaskan Program Penanganan Banjir





BDG.NEWS, Bandung -Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman menilai Pemkot Bandung gagal memprioritaskan program penanganan banjir. Padahal, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 mengamanatkan banjir tuntas ditangani pada tahun 2016.
Kritik Entang keluar setelah peristiwa banjir besar di Pasteur dan Pagarsih, Senin 24 Oktober 2016 siang. Selain infrastruktur dan beberapa kendaraan rusak, seorang warga tewas terseret air.
“Pemrioritasan penanganan banjir tidak serius, tidak tuntas. Ada anggaran besar, tapi malah dijadikan granit buat mempercantik trotoar. Sekarang apa itu mendesak?” kata Entang, Selasa 25 Oktober 2016 pagi.
Menurut Entang, dengan anggaran hampir mencapai Rp 1 triliun di Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung, tidak ada alasan bagi pemkot untuk gagal menuntaskan masalah banjir. Apalagi, ini sudah memasuki tahun ketiga kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial.
Entang makin geram lantaran potensi banjir di Pasteur dan Pagarsih sudah diingatkan jauh-jauh hari. Bahkan, dalam rapat kerja yang digelar awal tahun ini, Komisi C sudah mendesak Pemkot Bandung agar memprioritaskan penanganan dua titik banjir tersebut.
“Sudah berulang kali banjir, berulang kali rapat. Sudah ketahuan akar penyebabnya, tapi kok ya tidak dikerjakan dengan tuntas. Ini yang kami sesalkan,” tuturnya.
Komisi C berencana memanggil dinas-dinas terkait untuk membahas permasalahan banjir di Pasteur dan Pagarsih, Kamis nanti. Salah satu topik bahasannya adalah pencarian solusi atas banjir.
Selain mengkritik Pemkot Bandung, Entang juga meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat tegas dalam melindungi Kawasan Bandung Utara. Ia meminta agar rekomendasi dan izin pembangunan tidak terlalu mudah diberikan.
“Kalau resapan terus menyusut, air akan lari ke Bandung semua. Kota ini kan seperti ada di dasar mangkuk,” ujarnya.(PR)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget