Remaja, Be Your Self



BDG.News. Bandung. Berbeda dengan kebiasaan pelajar lainnya, sebanyak 150 pelajar Bandung antusias dan berbondong-bondong mengunjungi Teras Cikapundung, bukan untuk berwisata, melainkan menghadiri agenda yang digelar Lajnah Khusus Sekolah Muslimah HTI Jawa Barat. Live SPUM (Speak Up Your Mind) bertema “Just Be Your Self” diselenggarakan pada hari Ahad, 4 September 2016.
“Remaja emang terkenal ingin terus eksis dan egonya sedang naik sehingga banyak kita dapati remaja yang sibuk selfie, eksis di sosmed, tidak peduli dengan kondisi sekitar.” Ungkap Kak Sarah, narasumber Live SPUM mengawali penjelasannya. Itu semua berawal dari remaja yang belum memahami siapa dirinya, atau belum menemukan jati diri, belum menyadari bahwa Islam menjadikannya mulia dan berbeda dengan yang lainnya. Akhirnya selain fenomena remaja tersebut, juga ditemukan remaja follower alias mengikuti budaya Barat atau budaya asing lainnya. Tidak mengenal dirinya sendiri dan tidak bisa jadi dirinya sendiri, tentu ini menyedihkan.
“Untuk menjadi diri sendiri itu harus tahu dulu siapa diri kita, Just Be Your Self itu bukan berarti pasrah dengan diri kita apa adanya, ngikutin hawa nafsu kita. Just Be Your Self itu harus mengetahui siapa diri kita sebenarnya, yaitu muslimah, hamba Allah yang akan dimintai pertanggungjawaban setiap perbuatan. Sehingga remaja muslim tidak bebas melakukan perbuatan, melainkan harus selalu ingat bahwa Allah mengawasinya setiap saat.” Kak Sahreva salah satu narasumber Live SPUM menjelaskan dengan penuh semangat. Remaja memiliki potensi yang besar, perlu menjaga diri tentu dengan menambah pemahaman Islam rutin kemudian berkumpul dengan orang-orang shalih. Pemahaman Islam yang kuat akan menjadi filter ketika remaja akan melakukan perbuatan, tidak lagi terjerumus kemaksiyatan ataupun berbagai hal yang merusak seperti halnya kebanyakan remaja saat ini. Pembinaan remaja secara intensif harus terus dilakukan dan berkesinambungan, untuk itu Lajnah Khusus Sekolah dengan berbagai programnya berupaya untuk merangkul remaja dan mengajaknya mengenal Islam serta mengamalkannya.
SPUM merupakan salah satu program andalan Lajnah Khusus Sekolah yang rutin tayang di youtube dan sengaja hadir roadshow di berbagai daerah termasuk Bandung. Acara ini sengaja digelar untuk mengajak remaja lebih memahami Islam dengan tetap mempertahankan karakter remaja yang ceria dan penuh semangat. Sesuai dengan jargonnya, Speak Up Your Mind, Saatnya Remaja Bicara, Saatnya Remaja Peduli, Saatnya Remaja Bangkit!

CP: Vetiana (08172353804)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget