Penyebab Banjir Bandang Garut: Hujan atau Pengusaha?

Bandung – Bupati Garut, Rudy Gunawan, memastikan bencana banjir bandang yang terjadi di wilayahnya adalah yang terbesar sepanjang sejarah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Bagi sang Bupati penyebab utama dari bencana ini adalah intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan Sungai Cimanuk tidak mampu menampung beban air yang ada.
“Hujan yang deras dan lama. Ini penyebab utama banjir. Pada 50 tahun lalu ada banjir, tapi hanya 5 meter dan tidak separah ini. Sekarang banjir antara 8 sampai 10 meter, melebihi daya tampung Sungai Cimanuk, yang hanya 6 meter, ungkap Rudy (21/09/16)
Berbeda dengan Bupati Garut, Menurut Badan Pengelola Kepala Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat, Anang Sudarna, bencana ini sebagai buntut dari aktivitas pembangunan yang melanggar ketentuan rencana detail tata ruang (RDTR). Sejumlah kawasan lindung di Garut ternyata sudah berubah peruntukan.
“Ketika di kawasan tersebut tata ruangnya adalah hutan lindung, maka harus kita hormati. Di kawasan tertentu di Garut itu misalnya di Cipanas, ada Gunung Guntur, sekarang beberapa pengusaha dieksploitasi pasirnya. Kita sudah setop tapi masih keukeuh,” katanya Rabu, 21 September 2016.
Tak cuma itu, bentuk eksploitasi lingkungan juga terjadi di kawasan kawah Darajat. Di mana kini kawasan itu telah menjadi lokasi pariwisata, pembangunan penginapan, restoran hingga pemandian air panas. Padahal, menurutnya, kawasan itu sebagai lahan konservasi yang tidak diperkenankan ada pembangunan. Namun dipaksakan oleh pengusaha yang hanya melihat potensi bisnis.
Jika bicara intensitas hujan maka, sebagaimana apa yang disebutkan oleh Bupati Garut bahwa garut pernah mengalami hal yang hampir sama namun tidak separah ini. Hal itu berbeda dengan apa yg terjadi sekarang, dimana banyaknya berubah fungsi kawasan hutan lindung yang seharusnya bisa menampung air hujan namun kini sudah menjadi kawasan ekploitasi atau pariwisata hanya untuk mendapatkan pemasukan daerah yang nilainya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kerugian yang diakibatkan oleh bencana ini. [MUSLIMBANDUNG.ID]
Imaduddin Al Faruq – Muslim Analyze Institut


Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget