Kasus Korupsi Tiap Tahun Meningkat




Bdg.News Korupsi di Indonesia seakan akan menjadi sebuah permasalahan yang tak kunjung selesai. Mulai dari korupsi jutaan hingga korupsi trilyunan. Seakan akan korupsi merupakan budaya dari negeri ini. hampir tiap pekan kita disuguhi berita korupsi di layar kaca dan media lainnya.

Berdasarkan data statistik kriminal di BPS  (Badan Pusat Statistik) tahun 2015, dapat dilihat terjadi kenaikan kasus korupsi dari tahun 2012 – 2014. Pada tahun 2012 terdapat 369 kasus korupsi. Pada tahun 2013 terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi 537 kasus kosupsi. Begitupun pada tahun 2014 kasus korupsi terus meningkat sebanyak 66% dari tahun sebelumnya menjadi 814 kasus.

Berdasarkan riset PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) yang dilaksanakan pada semester II tahun 2012 terkait korupsi dan pencucian uang oleh angora legislative. Hasil riset tersebut menunjukan 69,7 persen anggota legislative terindikasi tindak pidana korupsi.
Jika kita bicara korupsi maka yang menjadi “tokoh utama” dalam tindak kasus kriminal ini ialah para pemilik kuasa atau orang orang yang memang memiliki kekuasaan. Dengan kekuasaan yang di miliki mereka mamfaatkanya untuk mendapatkan kekayaan. Bertumbuhnya kasus korupsi di Indonesia ini dipengaruhi oleh hukum yang diterpkan masih lemah. Selain itu hukum di negeri ini ibarat mata pisau, tumpul keatas dan tajam kebawah. Dapat kita lihat sendiri dimana ada rakyat miskin yang hanya mencuri buah coklat harus dipidanakan, namun kita lihat juga banyak kasus korupsi yang entah tak tau akhir sidangnya da nada juga tersangka korupsi yang dengan bebas keluar masuk tahanan.
Label:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget