Jalur Sumedang-Bandung Lumpuh Akibat Longsor, Ada 3 Orang Meninggal Dunia

     Foto: Longsor Sumedang (@RTMC_PoldaJabar/Twitter)



Sumedang - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumedang sejak Selasa (20/9) kemarin mengakibatkan bencana alam longsor terjadi di jalur utama Cadas Pangeran. Longsor mengakibatkan arus lalu lintas dari Sumedang menuju Bandung lumpuh total. 

"Kendaraan kita alihkan ke Cipali menuju Majalengka ke Kertajati, karena di sini lumpuh total, karena material longsor menutupi jalan," ujar Kapolres Sumedang AKBP Agus Iman saat dihubungi detikcom, Rabu (21/9/2016). 

Longsor terjadi di empat titik Cadas Pangeran hingga Ciherang. Beberapa rumah rubuh di sekitar lokasi longsor akibat tergerus tanah yang menutupi jalan. Hingga kini menurut Agus petugas dari pihak kepolisian dibantu dengan tim SAR sedang membersihkan longsoran yang menutup jalanan. 

"Kita pertama mengevakuasi korban akibat longsor ini dan membersihkan longsoran yang turun ke jalan," kata dia. 

Dirinya menegaskan tidak ada rumah yang terbawa longsor ke tengah jalan, hanya ada beberapa rumah yang tertimbun longsor.

"Tidak ada, hanya tertimbun saja yang terkena longsor. Dari laporan sementara sampai saat ini ada sekitar 12 rumah yang terkena bencana longsor dan mengalami kerusakan," kata dia. 

Polisi pada malam ini bekerja ekstra dibantu dengan tim SAR dan jajaran lainnya untuk memulihkan kembali jalur lalu lintas di kawasan tersebut. Agus mengungkapkan saat ini pihaknya masih terus berupaya untuk menanggulangi bencana longsor tersebut, namun situasi dan kondisi saat ini menjadi kendala di lapangan. 

"Kendala ini sudah malam, dan lampu di sini juga mati kemudian dengan saluran listrik juga kita hati-hati dan jalur terputus," kata dia. 

Longsor paling parah terjadi di wilayah Cimareme, Sumedang Selatan. Agus mengatakan sejauh ini pihaknya telah mengevakuasi tiga orang yang rumahnya roboh dan tertimbun akibat longsoran. 

"Korban yang baru terevakuasi di rumah sakit sudah tiga orang meninggal, tapi identitasnya belum diketahui," kata dia. 

Satu orang anak dikabarkan belum ditemukan dan masih dalam pencarian petugas. Kapolres Sumedang langsung turun tangan ke lokasi kejadian. 

"Kita sebar anggota ke beberapa lokasi bencana untuk melakukan proses evakuasi," tuturnya. 
(hri/hri- http://news.detik.com/)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget