Mau Belajar Egrang? Datangi Saja Taman Ujungberung

Bermain egrang di Taman Ujungberung Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung Egrang? pasti banyak yang bertanya, apa itu egrang? makhluk semacam apa egrang itu? ya. memang tidak salah jika publik hari ini tak tahu permainan egrang atau yang sering disebut jajangkungan. saat ini sangat langka masyarakat yang ingin mempelajari permainan seperti ini, tapi, pssst.. di Ujungberung kota Bandung, ada seorang lelaki paruh baya yang sangat semangat melatih siapa saja yang ingin belajar egrang.
mau belajar egrang? Jika tertarik datang saja ke Taman Ujungberung. Selain berwajah baru, di taman ini juga, ada tempat penyewaan sekaligus belajar egrang. Tidak hanya egrang, tapi ada permainan tradisional lainnnya, seperti bakiak yang bisa dipakai untuk bertiga.
Sebetulnya lebih tepatnya bukan tempat penyewaan karena siapa pun yang ingin menggunakan egrang ini bayar sukarela kepada petugas di sana, atau sama sekali tidak bayar. Waktunya juga tidak terbatas, sepuasnya, sampai pengguna egrang itu kelelahan.
Jangan takut kalau belum bisa menggunakannya karena petugas di sana siap membantu dari tahap awal hingga mahir. Seperti yang terlihat, banyak murid-murid SD yang belajar menaiki egrang ini.
Mereka tidak kapok untuk terus belajar mengendarai egrang ini, meski beberapa kali terjatuh. Bagi yang sudah bisa ikut membantu temannya yang baru memegang permainan tradisional dari bambu ini. “Saya baru bisa sampai batu,” kata Mutiara sambil menunjuk sebuah batu di seberangnya.
Mutiara yang mengaku belum lama mempelarinya. “Pokoknya harus bisa. Egrangnya, iya harus bayar ke penyewaan. Bayarnya terserah bisa seribu bisa dua ribu,” kata Mutiara yang mengaku murid SD Ujungberung yang tidak jauh dari taman tersebut.
Sudarwan (53) yang menjaga egrang-egrang sekaligus menjadi pelatih mengaku senang memperkenalkan permainan tradisional ini kepada anak-anak. “Saya sih senang saja. Ga ada untungnya kalau dihitung uang mah. Yang penting permainan ini bisa lestari,” tutur Sudarwan.
Menurut Sudarwan egrang-egrang yang dibuatnya ini tadinya berjumlah 200 egrang. Tetapi terus menyusut. Egrang-egrang itu ada yang hilang ada juga yang rusak. “Hahahaha…sudah biasa ada yang hilang ada yang rusak. Tidak apa-apa,” katanya.
Penyewaan sekaligus tempat latihan egrang itu buka tiap hari. Untuk menyesuaikan dengan waktu sekolah anak-anak, mulai dibuka pada pukul 15.30 hingga pukul 20.00. “Kalau sampai malam kadang-kadang ada yang dewasa ingin belajar ini,” katanya.
Menurut Sudarwan siapa pun bisa berlatih egrang. Bahkan, katanya, dia bisa menjadikan orang yang berminat itu profesional. Karena, menurutnya, dia beberapa kali menerima order untuk tampil di sebuah acara.
“Sering. Acara pemerintahan, swasta juga. Kami siap kalau dipanggil. Kalau butuh tinggal datang ke sini atau telepon ke 08172398993,” kata Sudarwan.
Bagi yang tidak tidak tahu egrang, ini penjelasannya. Egrang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan (Daring) adalah alat yang digunakan untuk bermain jangkungan. Di wikipedia disebutkan egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. *

Belajar Egrang di Taman Ujungberung

  • Harga sewa Rp 1000-2000, atau bahkan tidak bayar
  • Waktu pemakaian sepuasnya
  • Buka tiap hari pukul 15.30-20.00
  • Bila ingin belajar bisa menghubungi Sudarwan telepon 08172398993

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget