Jadi Anak Tiri, Hulu Sungai Cikapundung Enggan Hasilkan Air Bersih!

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mendapat kritikan pedas dari Direktur Eksekutif IS Centre, H. Iman Sulaeman. menurutnya, selama pemerintahan yang dipimpin kang Emil belum begitu concern terhadap kondisi sungai Cikapundung bagian hulu.

"Sungai Cikapundung ini memiliki nilai jual, ikon Bandung dan memiliki ruh bagi warga Kota Bandung. Kebijakan Pemkot harus dikoreski sedikit. Kami melihat hulu sungai harus diperbaiki. Kalau bagian hilir ('Teras Cikapundung') itu lebih untuk memuaskan segelintir orang. Padahal kalau bicara hulu, In Sha Allah kualitas ke bawah (hilir) akan lebih bagus dan banyak hasilkan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat," tegas Iman pada kegiatan penanaman pohon di Cikalapa, Jalan Dago Pojok Tanggulan, RT 4/RW 3, Kel. Dago, Kec. Coblong, Rabu (9/3/2016).

Kegiatan yang dilakukan pihaknya bersama komunitas Cika-Cika dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bandung, disebut Iman sebagai contoh bagi pemerintah Sungai Cikapundung merupakan sungai yang benar-benar harus diperhatikan.

"Jika tidak dipelihara dan kelola baik, bisa jadi warga Kota Bandung tidak akan bisa mengonsumsi air," tandas Iman.

Kembali Iman mengritik, Pemkot Bandung sejauh ini hanya perhatikan 'Teras Cikapundung' yang ada di Babakan Siliwangi. Padahal menuturnya, berbicara masalah Cikapundung, harus digarap mulai dari hulunya sampai ke hilir.

"Kami di sini ingin sama-sama memberikan masukan ke Wali Kota, agar lebih memerhatikan Cikapundung. Bahwa Cikapundung itu bukan cuma 'Teras' saja, tapi juga hulunya. Apakah hulunya mau dibiarkan rusak? Saya kira ini harus jadi bahan renungan bagi kita semua," tambah Iman.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap Sungai Cikapundung, IS Centre bersama Komunitas Cika-Cika dan GOW Kota Bandung menggelar aksi sosial menanam ratusan pohon produktif di bantaran Sungai Cikapundung. Selain penanaman pohon, kegiatan juga diisi aksi bersih-bersih sungai.

Iman mengatakan, kegiatan selain bentuk kepedulian, juga bertujuan menanamkan cinta terhadap lingkungan sejak dini.

"Kegiatan ini tujuan utamanya adalah untuk ikut melestarikan Sungai Cikapundung. Selain itu, kami juga berupaya mendidik generasi muda untuk menjadi generasi yang peduli sungai dan linkungan. Itu target realistis dan kena sasaran. Hari ini kita tanam 100 pohon, dan mencoba memberi contoh kepada pemerintah," ujar Iman.

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget