Wargi Bandung, WASPADA ! Lagi MUSIM DIARE

 
BANDUNG, (PRLM).- Saat ini banyak pasien yang masuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung karena terserang penyakit diare. Penyebab mereka terserang penyakit tersebut karena faktor makanan.
Dokter Staf Medik Fungsional Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Primal Sudjana mengatakan hal tersebut di kantornya, Jalan Pasteur Bandung, Senin (23/11/2015). Primal diminta informasinya seputar penyakit yang harus diwaspadai saat ini.
"Saat ini banyak yang terkena penyakit diare. Sudah ada beberapa kasus yang masuk karena muntah-muntah, sakit perut dan mencret-mencret. Kasus yang banyak saat ini, seperti itu. Untuk itu harus hati-hati," ungkapnya.
Dikatakan Primal, pasien terkena penyakit diare karena faktor makanan. Mungkin makanan yang dikomsumsinya kurang bersih.
"Makan sembarangan dan jajan kadang-kadang suka lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu," katanya.
Primal menuturkan tadi malam (Minggu malam), ada beberapa mahasiswa yang masuk ke RSHS karena sakit perut. Mereka terkena penyakit diare setelah makan. "Jadi penyebabnya karena faktor makanan yang mungkin kurang bersih," paparnya.
Menurut Primal, diare merupakan kondisi ketika seseorang buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan konsistensi feses lembek atau cair. Gejala awalnya, mulas, mual dan mencret, kadang disertai demam.
"Penanganan pertama bila terkena diare adalah mengganti cairan karena cairan banyak keluar dengan minum oralit. Makan makanan yang lunak agar mudah dicerna dan menghindari makanan yang beraroma tajam," ungkapnya. (Yeni
Label:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget